-->

Konsep Pemodelan Sistem Perangkat Lunak (bagian 1) - Definisi Software


Kompetensi Dasar
3.1. Memahami konsep pemodelan berorientasi objek.
4.1. Mempresentasikan konsep pemodelan berorientasi objek.

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan berbagai ragam model diagram pemodelan terstruktur dan berorientasi objek,
2. menganalisis karakteristik berbagai ragam model diagram pemodelan terstruktur dan berorientasi
objek, serta
3. menganalisis perbedaan pemodelan terstruktur dan berorientasi objek.

Peta Konsep


A. Definisi Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak (software) adalah kumpulan Instruksi atau program komputer (syntaks/code yang ditulis dalam bahasa permograman) yang ketika dijalankan menyediakan fungsi dan performan yang diinginkan. Perangkat lunak merupakan struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi dan dokumen yang menggambarkan cara menggunakan dan mengoperasikan program tersebut (Pressman).

Menurut IEEE & ISO 1997, perangkat lunak adalah merupakan kumpulan program komputer (syntaks/code), prosedur, fungsi, modul (kumpulan program yang memiliki tujuan dan fungsi tertentu), dokumentasi dan kumpulan data yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu sistem perangkat lunak.

Sementara itu IEEE [IEE93] telah mengembangkan definisi yang lebih lengkap tentang rekayasa perangkat lunak (software engineering) yaitu merupakan aplikasi perangkat lunak yang bersifat sistematik, dalam pengembangannya menerapkan prinsip-prinsip rekayasa, metode pengembangan, operasi, dan maintenance dari software; merupakan serangkaian studi yang menggunakan pendekatan rekayasa.”
LihatTutupKomentar