-->

Pengenalan Apa itu Blockchain?



Tahukah kalian Apa itu Blockchain?
Blockchain adalah sebuah teknologi yang dikenalkan bersama dengan bitcoin yang diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto ditahun 2008.
Awalnya teknologi ini digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dari bitcoin.
Secara definisi Blockchain merupakan system basis data global online, berisi sekumpulan data transaksi dimana system basis data ini dapat dilihat secara umum.

Seperti buku kas induk dibank yang mencatat semua transaksi nasabah, blockchain juga mencatat semua transaksi yang dilakukan penggunanya


Transaksi menggunakan teknologi blockchain bersifat peer-to-peer . Sebuah data (dapat berupa pesan, uang, atau informasi penting) dapat dipindahkan langsung dari satu pengguna ke pengguna yang lain. Tanpa bantuan pihak ketiga untuk memprosesnya.

Kenapa blockchain?
1. Distributed : yaitu data dan fungsionalitasnya tersebar
2. Replicated : Datanya diduplikasi/di backup ke berbagai tempat.
3. Immutable : Data yang sudah ditulis tidak dapat diubah 
4. Non Repudiation : Siapa yang menuliskan perubahan dapat dibuktikan keterlibatannya dan tidak dapat mengelak.

Blockchain menawarkan kesempatan untuk memasukkan segala bentuk perjanjian bisnis, ijasah pendidikan, akta tanah, kelahiran, pernikahan atau dokumen-dokumen penting ke dalam database blockchain yang sangat mustahil untuk diretas maupun dipalsukan.
Seluruh sistem berjalan tanpa pihak ketiga dan terjadi otomatis berdasarkan algoritma. 
Blockchain, dengan database yang terpecah dalam ratusan juta server, akan memastikan bahwa perjanjian secara otomatis akan tereksekusi, terdata, dan tersimpan dalam sistem yang transparan sehingga dapat dicek kebenarannya. 
Sehingga ucapkan selamat tinggal untuk dokumen palsu.

Semua transaksi dan penyimpanan data terjamin keamanannya karena tereplikasi di seluruh jaringan blockchain. Untuk mengubah satu data maka si peretas juga harus mengubah data yang sama di semua node lain di saat yang sama. 

Berikut ini adalah contoh perusahaan yang sudah menggunakan blockchain;


Demikian penjelasan dari saya terkait blockchain dari saya, semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar