-->

Sejarah Blockchain dan Cryptocurrency



Sejarah Blockchain dan Cryptocurrency

Krisis finansial  2007–2008 dimulai di Amerika Serikat dan meluas  beberapa bagian dunia. Karenanya banyak orang yang hilangan kepercayaan dengan sistem finansial saat ini.



Sejarah Blockchain dan Cryptocurrency 2008

Oktober 2008 Satoshi Nakamoto memposting sebuah paper berjudul "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System" yang tersedia di tautan berikut https://bitcoin.org/bitcoin.pdf. Tulisan tersebut menjelaskan tentang sebuah sistem pembayaran online dari satu pihak ke lainnya tanpa melalui institusi finansial. Sistem ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam double-spending menggunakan jaringan peer-to-peer.

Sejarah Blockchain dan Cryptocurrency 2009

Pada Januari 2009 software pertama Bitcoin dirilis, yakni Bitcoin 0.1 oleh Satoshi Nakamoto. Pada saat itu software ini hanyalah support untuk Windows. Pada Desember 2009 giliran Bitcoin 0.2 hadir dan mendukung versi linux. Tersedia pula multi core processors untuk mining. Sejak saat itulah komunitas terkait Blockchain semakin menjamur.

Sejarah Blockchain dan Cryptocurrency 2010

Pada Maret 2010 Bitcoin mulai beroperasi. Menyusul Mei 2010 transaksi pertama Bitcoin dilakukan. Transaksi ini merupakan transaksi pertama di dunia yang menggunakan cryptocurrency. Seorang pria bernama Lazlo Hanyecz yang membeli 2 Pizza di Jacksonville, Florida seharga 10.000 BTC. Pada saat itu harga 1.0 BTC hanyalah 0.01 USD. Oktober 2010 harga Bitcoin naik menjadi 0.125 USD, dan masih naik turun hingga sekarang.

Sejarah Blockchain dan Cryptocurrency 2015 - Sekarang

Sejak pertama kali beroperasi sampai sekarang, harga Bitcoin selalu naik turun. Pada 5 Februari 2018 harga 1.0 BTC mencapai 6.200 USD pada Market. Tahun 2015 Ethereum pun ditilis dengan menyuguhkan fitur baru "Smart Contract." Ethereum diklaim sebagai Blockchain 2.0 atau generasi kedua Blockchain karena fitur tersebut. Setelah Ethereum, muncul semakin banyak Cryptocurrency lain yang memiliki fitur baru. Mereka mengklaim diri mereka sebagai Blockchain 3.0 atau generasi ketiga Blockchain.

Untuk penjelasan lebih detailnya silahkan kunjungi website saya : https://amiensholeh.blogspot.com/2020/05/sejarah-blockchain-dan-cryptocurrency.html

My blog : https://amiensholeh.blogspot.com/

LihatTutupKomentar